sejarah desaku

Sejarah Terjadinya
 Desa Bangsri
 





                                                                                                                                 
Setelah raden Tumenggung Sostrodipuro menjabat Bupati magetan lebih kurang tahun 1790  -1825 , yang mengganti beliau menjadi bupati magetan adalah raden mas aryo kertonegoro kurang lebih tahun 1837.
Sebelumnya beliau menjabat menjadi bupati di mojokerto. Tugas beliau yang utama adalah menentramkan daerah magetan yang pada waktu itu masih banyak kekacauan. Pertikaian-pertikaian, insiden insiden perebutan wilayah, perampokan-perampokan serta keresahan-keresahan lain yang tidak ada hentinya. Dan termasuk daerah sekitar Kyai Darum II pun sangat resah. Dapat dikatakan siang dan malam hamper selalu terjadi keributan-keributan yang mengganggu ketentraman masyarakat. Maka beliau memerintahkan kyai yang terkenal yakni kyai Darum II untuk menumpas penjahat-penjahat yang mengganggu ketentraman masyarakat magetan.
Kyai Darum II adalah Kyai Nursadin, juga seorang kyai terkenal didaerah Durenan dan Nitikan. Akan tetapi Kyai Darum II juga terkenal dikalangan orang muslim di sekitar Durenan dan Nitikan. Maka oleh bupati magetan Radeb Mas Aryo Kertonegoro, Kyai Darum II dianggap sebagai seorang kyai yang dapat mengatasi masalah di daerahnya.
Pada suatu hari Kyai Darum II dipanggil oleh Kanjeng Bupati Magetan Raden Mas Arya Kertonegoro dan diperintahkan untuk menumpas gerombolan penjahat yang meresahkan pengikut-pengikutnya dan santri-santri yang ada untuk menumpas gerombolan penjahat yang meresahkan masyarakat. Dengan daya upaya yang maksimal, Kyai Darum II berhasil menumpas gerombolan-gerombolan penjahat tersebut. Dan amanlah daerahnya sendiri dan daerah-daerah lain di sekitarnya. Melihat keberhasilan Kyai Darum II ini, kanjeng Raden Mas Aryo Kertonegoro sangat gembira.
Setelah tugas di embannya berhasil dengan baik, maka Kyai Darum II kembali ke Durenan dengab naik kuda. Dalam perjalanannya pulang, Kyai Darum II istirahat sebentar untuk memberi makan dan minum kudanya yang kelihatan payah, lapar dan haus. Air untuk campuran makanan kuda itu diambilkan dari sebuang kolam (BLUMBANG) yang tidak jauh dari tempat mereka beristirahat. Situasi disekeliling kolam itu sangat indah dan asri. Airnya sangat jernih menyenangkan. Kalau demikian kawasan ini saya namakan “BANGSRI” yaitu dari kata BLUMBANG dan ASRI. Akhirnya menjadi nama Desa BANGSRI sampai sekarang.
Dari tempat istirahat itu Kyai Darum II meneruskan perjalanan keliling daerah itu dan juga menjumpai sumber (Blumbang) yang suasananyapun indah, asri dan menarik membuat Kyai Darum II terpesona dan berlama-lama di tempat daerah itu. Bukan Kyai Darum II saja yang tertarik dengan tempat-tempat yang sejuk itu. Tetapi banyak orang yang krasan berada di situ. Kyai Darum II sekali lagi berkata : kalau demikian tepatlah saya memberi nama daerah ini :BANGSRI.
Kolam atau blumbang-blumbang di jumopai Kyai Darum II adalah :
   Kolam atau blumbang Sumber beji
   Kolam atau blumbang Sumberbelo
   Kolam atau blumbang Ancar Gondang
   Kolam atau blumbang Setretes
Blumbang Ancar Gondang dan Setretes ini ada tempat semavam pancuran, sedangkan blumbang sumberbeji sekarang tinggal bekasnya saja
Menurut penuturan saudara Kasan Besari sesepuh desa Bangsri sebagai Nara Sumber bahwa air dikolam-kolam
Desa Bangsri rasanya enak sekali, mempunyai truntum manis yang tidak dipunyai oleh air dikolam-kolam lain. Kolam-kolam itu dahulu diangkat oleh warga setempat sebagi PUNDHEN desa karena diyakini bahwa tempat tempat itu mempunyai kekuatan gaib. Namun keyakinan itu semakin lama semakin luntur bahkan sekarang sudah tidak dilakukan upacara tradisi bersih desa sesakral dahulu. Tetapi warga desa Bangsri sendiri masih demikian teguh mengangkat dan mengembangkan peninggalan-peninggalan nenek moyangnya.


Batasan batasan Desa Bangsri :
   Sebelah Timur : Desa Selopanggung
   Sebelah Barat : Desa Nitikan
   Sebelah Selatan : Desa Randugedhe dan Desa Sumber Agung
   Sebelah Utara : Desa Sambirobyong dan Desa Ringinagung

Desa Bangsri terdiri dari
  Dukuh Bangsri
  Dukuh Dadapan
  Dukuh Bibis
  Dukuhn Dawung



Komentar

Postingan populer dari blog ini

iklim

Visi dan Misi Desa Bangsri Kecamatan ngariboyo Kabupaten Magetan